Waspadai Bintik Merah Pada Bayi Anda, Inilah Ciri-cirinya!




Bintik merah ataupun ruam merah pada kulit bayi, biasanya memang tidak begitu berbahaya, dimana kondisi ini biasanya menandakan kulit bayi sedang terkena biang keringat, jerawat ataupun kulit bayi sensitif terhadap popok yang digunakan. Namun tahukah Anda bahwa bintik merah yang terjadi pada kulit bayi pun ternyata juga mengindikasikan adanya gangguan kesehatan lain yang memang perlu diwaspadai oleh para orang tua. Bagi Anda para orang tua yang memang memiliki bayi, berikut ini beberapa indikasi penyakit pada bayi yang memang ditandai dengan ciri bintikmerah pada bayi, yang mungkin dapat Anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan tubuh bayi Anda:

          1. Jerawat pada bayi
Bintik merah pada kulit bayi, terutama yang muncul pada bagian wajah bayi terutama di sekitar dahi, hidung dan pipi setelah bayi berusia 2 hingga 4 minggu setelah kelahiran, merupakan jerawat bawaan pada bayi. Kondisi ini merupakan kondisi normal yang biasanya dialami bayi baru lahir, dimana jerawat tersebut nantinya akan menghilang dengan sendirinya ketika bayi berusia 3 hingga 4 bulan. Penyebab dari timbulnya jerawat pada kulit wajah bayi ini secara pasti belum diketahui penyebabnya. Sebaiknya jangan mengobati jerawat tersebut dengan apapun terlebih obat jerawat orang dewasa, mengingat kulit bayi yang masih sensitif.

2. Biang keringat
Bintik merah pada kulit bayi ini biasanya akan muncul pada bagian tubuh yang sering tertutup seperti dada, punggung, serta bagian lipatan tubuh bayi lain. yang menjadi penyebab dari timbulnya bintik merah biang keringat ini adalah tertutupnya pori-pori pada tubuh bayi, sehingga keringat tidak dapat keluar dengan maksimal. Untuk mencegah timbulnya biang keringat pada bayi, sebaiknya Anda memberikan pakaian yang memang khusus untuk bayi dan berbahan sejuk serta mudah menyerap keringat. Hindari pula memberikan bayi Anda pakaian yang terlalu ketat, karena hal tersebut dapat menimbulkan lembab yang dapat memunculkan biang keringat. Berikan bedak khusus bayi untuk biang keringat dan jika diperlukan bawalah bayi ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat, mengingat biang keringat ini dapat menimbulkan gatal.

3. Eksim
Kondisi bintik merah pada kulit bayi ini dapat timbul pada seluruh bagian tubuh bayi, dimana bintik merah ini menimbulkan rasa gatal dan nyeri pada bayi. Kondisi eksim ini biasanya akan muncul pada diri bayi saat mereka berusia 6 bulan, dimana kulit sekitar pun akan terlihat kering. Jika ciri diatas, terlihat pada bayi Anda, maka segera bawa ke dokter anak, agar dapat memperoleh penanganan secara tepat. rasa gatal dan nyeri pada bintik merah inilah yang akan menyebabkan bayi merasa tidak nyaman, sehingga bayi akan sering terlihat rewel sepanjang hari.

4.Campak
Penyakit ini termasuk salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan bayi mengalami indikasi bintik merah pada kulit, demam, batuk, mata bengkak dan munculnya ruam putih pada lidah bayi. Jika bayi Anda melihatkan indikasi bintik merah yang disertai dengan demam, maka segera bawalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain indikasi diatas, bintik merah pada bayi pun juga dapat mengindikasikan adanya virus ataupun penyakit lain pada tubuh bayi Anda. Jika memang tubuh bayi muncul bintik merah yang tidak wajar, maka segera konsultasikan dengan dokter spesialis anak, untuk dapat memperoleh penanganan yang tepat, sehingga penyakit penyerta lain dapat dicegah. Jangan menggunakan obat, bedak atau apapun pada kulit bayi sebelum melakukan konsultasi dengan dokter mengingat kulit bayi yang sensitif.

Related Posts

Waspadai Bintik Merah Pada Bayi Anda, Inilah Ciri-cirinya!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini